Tuesday, January 14, 2014

Perkembangan Bayi Usia 4, 5, 6 Bulan



A. Si Kecil yang Mulai Berinteraksi
Anda akan melihat perubahan menakjubkan mulai dari bulan keempat sampai keenam. Si buah hati akan mampu secara fisik, peduli dengan sekelilingnya, dan mulai lebih berinteraksi. Seiring responnya yang bertambah, si kecil akan mulai mengeluarkan suara dan tertawa. Ia akan merespon permainan seperti “cilukba” dengan kegirangan.


Perkembangan Fisik
Jika si kecil dipegang saat berusia tiga bulan dalam posisi duduk, ia akan dapat menahan kepala dengan stabil, tapi belum dapat menahan punggungnya dengan lurus. Pada usia empat bulan, si kecil dapat mengangkat kepala sejajar badannya saat Anda memegang tangannya dan menariknya ke posisi duduk. Pada umur lima bulan ia mungkin salah satu dari bayi yang baru saja mulai bisa duduk sendiri. Tapi ia belum dapat mempertahankan posisi ini terlalu lama. Taruhlah bantal di sekitarnya sebagai penopang dan agar ia tidak terluka saat jatuh.

Si kecil mungkin senang menahan sebagian berat badannya sendiri jika Anda memegangnya berdiri di pangkuan. Bila hal ini dilakukan saat si kecil sudah siap berdiri tanpa dipaksa, ia akan sangat gembira menopangkan kakinya dan berusaha berdiri di atas pangkuan Anda. Jangan khawatir jika si kecil belum mau melakukan ini, banyak bayi seusianya yang belum mau. Si kecil akan menyukai kesempatan untuk menendang saat dibaringkan. Ia juga akan suka menendang saat dimandikan, jadi siapkan banyak handuk. Secara rutin membiarkannya bermain tengkurap masih baik untuknya, tapi ingatlah untuk tetap menidurkannya telentang.

Bayi Anda belajar dan tumbuh dengan caranya sendiri, dan pada waktunya sendiri. Walau bayi umumnya mengikuti kurva perkembangan yang sama, ada banyak variasi di dalam kurva ini. Si mungil mungkin sangat maju secara fisik, mampu mengangkat kepalanya lebih awal dan sudah mampu berguling. Atau ia bisa sangat awas dan senang berinteraksi, tapi tidak semaju itu dalam hal perkembangan fisiknya. Kedua hal tadi sangatlah normal dan buah hati adalah individu yang unik. Jadi cobalah untuk tidak membandingkannya dengan bayi lain atau khawatir soal kapan ia mencapai tonggak perkembangannya.

Indera
Pada sekitar usia lima bulan, si kecil akan tertarik melihat benda kecil dan mencoba meraihnya. Namun, awasi dengan hati-hati karena si kecil akan ingin mengeksplorasi benda kecil tersebut dengan mulutnya. Jangan biarkan ia meraih apapun yang cukup kecil sehingga dapat membuatnya tersedak seperti kancing atau koin. Si mungil juga akan tertarik mengeksplorasi tekstur yang beragam. Gumpalan kertas, busa di air mandi, dan kain mengkilat adalah hal baru baginya sehingga akan menyenangkan untuk dieksplorasi.

Indera si kecil juga akan mulai saling terkait. Contohnya, penelitian terhadap bayi berusia tiga dan empat bulan. Mereka diperlihatkan kedua orang tua mereka sementara rekaman suara salah satu orang tua diperdengarkan dari tengah. Para bayi ini menoleh ke arah orang tua yang suaranya mereka dengar.

B. Berkomunikasi
Si kecil akan mulai menginisiasi interaksi sosial. Ia akan melambaikan tangannya minta digendong dan tersenyum jika melihat Anda. Saat berinteraksi dengan si kecil, ingatlah untuk memberinya waktu merespon Anda. Reaksinya tidak akan secepat anak yang lebih tua, jadi berhentilah beberapa saat, dan biarkan ia mendapat gilirannya “berbicara”. Ia akan mulai menggunakan kata “ba”, dan mulai mengulang-ulang kata ini. Jadi si kecil mungkin akan mengatakan “babababa”, sebuah perkembangan yang dikenal sebagai “babling” atau berceloteh.

Saat ia mengeluarkan bunyi, si kecil mungkin akan senang jika Anda mengikuti ucapannya. Jika sudah tidak mau bermain lagi, ia akan memberitahu Anda dengan memalingkan kepala, memutuskan kontak mata, atau menjadi rewel. Ikutilah maunya, karena ini cara dia mengkomunikasikan bahwa ia sudah lelah. Pada usia ini mustahil Anda “memanjakannya” dengan terlalu banyak perhatian. Jadi santailah dan nikmatilah saat bersamanya.

Proses berpikir si kecil sedang berkembang. Memahami cara berpikirnya akan membantu Anda mengerti sikapnya dan menolong Anda menjadi orang tua yang rileks. Insting bayi Anda adalah untuk membangun ikatan batin dengan Anda dan memastikan mendapatkan apa yang ia perlukan dari Anda, yaitu makanan, kehangatan, dan kasih sayang. Sikap apapun yang menghasilkan semua itu akan ia lakukan lagi.

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan pada usia enam bulan, bayi dapat menunjukkan kecemburuan. Si kecil menendang dan menangis keras saat ibunya memperhatikan bayi lain. Ia terus melakukan ini sampai ia mendapatkan perhatian penuh kembali. Para ibu yang terlibat penelitian ini kaget dengan kerasnya reaksi si kecil. Para ibu ini lalu merespon dengan mendemonstrasikan cinta mereka pada si bayi, persis seperti yang diperlukan oleh bayi itu. Walau si kecil dapat memperlihatkan beragam emosi, haruslah diingat bahwa mereka tidak mengerti konsep sikap baik dan buruk, jadi jangan pernah menghukum mereka di usia ini.

C. Saatnya Bermain
Si buah hati akan menikmati berbagai bunyi. Ia akan sangat girang bila di waktu tengkurapnya ia berada di atas alas bermain dengan desain khusus. Alas ini memiliki area yang bergemeretak, bergemerincing, dan menguik jika disentuh atau dilewati si kecil ketika berguling. Sebuah “rain stick” mungkin akan disukai si buah hati. Alat ini adalah sebuah pipa tertutup dengan biji-bijian di dalamnya dan dapat mengeluarkan suara (seperti suara hujan) saat dibalikkan. Namun, kaleng kecil berisi beras sama efektifnya. Coba juga menggumpalkan kertas, bertepuk tangan mengikuti irama lagu dan irama puisi anak. Sebuah kotak musik di dekat tempat tidurnya adalah ide yang baik dan dapat menjadi bagian menyenangkan dari rutinitas tidurnya.

“Cilukba” adalah permainan yang disukai bayi di seluruh dunia dan ada berbagai versi di hampir semua budaya. Si kecil belum mengerti bahwa suatu benda masih ada walau tidak terlihat. Permainan cilukba ini mengajarkan konsep tersebut. Cilukba kemungkinan akan menjadi permainan favoritnya selama berbulan-bulan. Saat Anda menutup wajah dengan tangan, si kecil akan berteriak kegirangan setelah menunggu Anda tiba-tiba membuka tangan dan mengatakan “ba!”. Anda dapat memvariasikan permainan ini dengan menaruh selimut di atas sebuah mainan, kemudian angkatlah selimut tadi. Kegirangannya saat menunggu mainan itu diperlihatkan lagi adalah tanda bahwa ia mulai mengerti konsep bahwa barang masih tetap ada walau tidak terlihat.

Si Mungil yang Cerdas
Ada beragam produk yang ditujukan untuk peningkatan mental si kecil. Mulai dari mainan gantung, rattle, hingga buku, mainan elektronik, dan DVD. Setiap tahun pasti ada mainan atau metode stimulasi “wajib” agar anak Anda menjadi Einstein berikutnya. Yang umum dikenal orang adalah produk mainan yang dibuat berdasarkan efek mendengarkan musik karya Mozart pada bayi – yang diklaim dapat meningkatkan kemampuan “spasial dan logika otak” si kecil. Belakangan diketahui bahwa klaim ini terbukti tidak benar. Walau begitu, musik memang memainkan peranan dalam perkembangan si kecil namun pada fase yang lain (yaitu saat usia 18 bulan ke atas).

Hal yang terpenting adalah menikmati waktu bermain dengan si kecil agar ia terstimulasi dengan rutin. Buah hati yang tidak terstimulasi kemungkinan akan menarik diri dan gagal berinteraksi dengan orang lain. Begitu dasar interaksi sosial ini hilang, hampir tidak mungkin untuk membangunnya lagi.

Si Kutu Buku
Penelitian membuktikan pentingnya membacakan buku pada si kecil sedini mungkin karena dapat menstimulasi perkembangan si mungil. Anda mungkin perlu membeli beberapa buku pada usia ini, karena kebanyakan buku si kecil akan digigit daripada dibaca. Pada awalnya, membelikan buku bagi si kecil yang masih bayi mungkin terasa aneh. Namun ingatlah banyaknya manfaat bagi Anda berdua. Anda juga akan membantu mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi si kecil.

Buku bagi bayi secara alamiah dibuat untuk dibaca keras-keras. Banyak yang mendorong ritme dan nada-nada intonasi yang akan direspon si kecil. Ada beragam buku aktifitas kain yang memiliki gambar yang jelas dan terang. Juga ada penguik, jarum putar, rattle, dan cermin untuk menarik dan mempertahankan perhatiannya. Buku karton tebal (board book) dengan gambar realistis juga ideal bagi si buah hati.

D. Setelah Cuti Melahirkan Berakhir
Memutuskan apakah tinggal di rumah bersama si kecil atau kembali bekerja adalah keputusan yang sulit. Banyak ibu baru yang harus memutuskan hal ini saat si kecil masih sangat muda. Tapi bagi kebanyakan wanita, terutama orang tua tunggal, keputusan yang ada didorong oleh faktor keuangan.

Kembali Bekerja
Banyak orang tua yang tidak sabar ingin kembali bekerja terlepas dari betapa sayangnya mereka pada si kecil. Jika Anda merasa seperti ini, yakinlah bahwa ini adalah keputusan yang baik bagi Anda. Jangan merasa bersalah karena Anda ingin kembali bekerja. Jangan khawatir, si kecil tidak akan menderita selama Anda mendapat perawat atau tempat perawatan anak yang ia dan Anda sukai. Anda akan gembira saat bertemu si kecil sepulang kerja. Kelemahan dari kembali bekerja adalah Anda akan kehilangan beberapa aspek perkembangan si kecil yang pada bulan-bulan awal ini sangat cepat berlalu.

Patut diingat bahwa pada umur lima bulan, bayi kemungkinan lebih dapat beradaptasi saat dititipkan dibandingkan dengan saat dia nanti berumur delapan bulan atau lebih. Hal ini disebabkan karena anak akan lebih manja pada masa akhir tahun pertamanya. Jadi, sekarang mungkin waktu yang ideal untuk kembali bekerja. Dengan demikian, pada saat si kecil masuk fase manjanya, ia sudah mengenal pengasuhnya dan perpisahan dengan Anda tidak akan menjadi masalah besar.

E. Hal Penting Lainnya:
  • Si kecil akan menyambut Anda dengan tersenyum dan mencoba berbicara. Tangisannya pun akan berkurang.
  • Begitu si mungil mengenal kakinya, memegang, dan menghisap keduanya akan membuatnya gembira bermain sendiri.
  • Si kecil belajar soal tekstur dengan mengeksplorasi suatu barang menggunakan mulutnya, bukan tangannya.
  • Setelah tiga bulan, si kecil akan tidur lebih lama pada malam hari dan berkurang pada siangnya.
  • Si kecil akan mulai menghabiskan susu botolnya dengan cepat sekali jika ia sedang lapar.
  • Sebagai Ayah sebaiknya Anda ikut terlibat dalam perawatan bayi seperti bermain, mengganti popok, atau meninabobokannya. Jika tidak, masa-masa indah bersama buah hati ini akan terlewati hanya dalam beberapa minggu dan tidak akan terulang lagi. Selain itu, Anda juga memberi waktu kepada sang ibu untuk beristirahat.
  • Jika Anda menggunakan botol dan selama ini mensterilkan botol si kecil, Anda tak perlu lagi melakukannya setelah ia berumur enam bulan. Namun, Anda harus tetap membersihkan botol si kecil dengan seksama.
  • Departemen Kesehatan menganjurkan bayi tidak diberi makanan padat sebelum enam bulan karena belum siap mencerna apapun selain susu. Jika Anda rasa ia siap menerima makanan padat sebelum enam bulan, mintalah nasehat ahli kesehatan. Namun, makanan padat sama sekali tidak boleh diberikan sebelum usia empat bulan.
  • Produk gandum sama sekali tidak boleh diberikan sebelum usia enam bulan.
  • Untuk mendorong kebiasaan tidur yang baik, baringkan bayi di tempat tidurnya saat masih bangun, agar ia belajar tertidur dengan sendirinya tanpa didekap dan diayun.
  • Terkadang si buah hati hanya perlu tahu bahwa Anda ada di dekatnya. Jika ia menjadi rewel saat dibaringkan untuk tidur, hampiri dan tenangkanlah dia. Jangan gendong atau terlalu menstimulasinya.
  • Dalam berbagai hal, kakek dan nenek si kecil adalah pengasuh yang sempurna. Tapi pastikan semua aspek pengasuhan didiskusikan terlebih dahulu untuk mencegah perbedaan pendapat.
  • Sebagai seorang ibu yang tinggal di rumah, mudah sekali terjebak dan menaruh diri Anda sebagai prioritas kedua. Penting sekali untuk mengambil istirahat. Untuk kesehatan mental Anda sendiri, adakan kontak rutin dengan orang dewasa lainnya.
  • Bagi kebanyakan pria, menjadi orang tua baru tidak mempengaruhi hidup seks mereka kecuali frekuensinya yang berkurang. Bagi ibu yang baru melahirkan, tidak heran kalau seks berada di prioritas bawah. Jadi, berkurangnya frekuensi seks dapat sulit diterima. Akan tetapi, jika suami terlalu menjauh secara fisik dari istri, istri akan merasa bahwa suami tidak tertarik lagi. Pelukan seorang suami akan sangat berarti bagi istri.

Sumber:
Laurent, S. and Reader, P. (2007). Your Baby Month by Month. Inggris: A Dorling Kindersley Limited

--- Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membeli buku versi bahasa Indonesia di toko buku terdekat dengan judul Ensiklopedia Perkembangan Bayi dari Erlangga ---

Semoga Bermanfaat.
 

No comments: