Thursday, August 7, 2014

Pengalaman Mengalami SIM Card Registration Failed

Beberapa waktu lalu Hand Phone (HP) saya yang menggunakan nomor mentari mengalami ganguan dengan tampilan di layar bertuliskan "SIM Card Registration Failed". Hal ini sudah banyak yang menulis di blog saat saya mencari tahu solusi untuk masalah ini di internet. Selama kondisi tersebut HP saya tidak dapat digunakan, bahkan sinyalpun rontok dan tidak bisa mengisi pulsa. Awalnya saya kira sedang ada gangguan dengan provider-nya, tetapi ternyata butuh penyelesaian yang lebih "rumit".

Saya menyebut "rumit" karena memang begitulah yang saya rasakan. Solusi yang saya temukan untuk permasalahan ini adalah dengan mengunjungi galeri indosat, sayangnya di kota saya tidak ada galeri indosat alias saya harus pergi ke luar kota dan yang paling dekat adalah Bandung. Mumpung lagi mudik, saya menyengajakan diri untuk menyelesaikan masalah ini, karena nomor mentari saya cukup penting dan berarti, maklum saja nomor lama yang punya nilai historis bagi saya, dan galeri yang saya kunjungi adalah galeri indosat di gedung Bandung Electronic Centre (BEC) lantai 3. 

Sejujurnya, saya menilai pelayanan mereka sangat profesional dan bagus seperti counter Costumer Service (CS)-nya banyak (ada lima), pelayanannya ramah, ruang tunggu yang nyaman, dan pegawai CS yang rapi dan bohai.. (sangat disayangkan saya ke situ bareng istri... hehehe). Singkat cerita, ternyata setelah dicek oleh salah satu CS setelah saya memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM Card mentari saya sudah berstatus "inactive" alias sudah "hangus" karena sudah melampaui masa tenggang dan tidak bisa digunakan lagi. CS tadi menawarkan, jika saya ingin tetap memiliki dan menggunakan nomor yang sama, saya harus beralih ke pasca-bayar, dan jika saya setuju dia bisa mengurusnya saat itu juga... tetapi saya menolak dengan alasan tertentu. Dengan demikian, nomor mentari-ku yang bernilai historis tadi tinggal kenangan deh... dari pengalaman ini saya ingin memberi beberapa info kepada Anda yang sedang mengalami hal yang serupa, yaitu:
  1. Ketika tampilan HP Anda bertuliskan "SIM Card Registration Failed" segeralah ke CS terdekat sesuai dengan provider kartu Anda dan jangan menunda-nunda, apalagi nomor yang Anda miliki termasuk nomor lama, kecuali Anda siap untuk berganti ke pasca-bayar.
  2. Yakinlah Anda tetap harus ke CS walaupun Anda merasa sudah pernah melakukan registrasi untuk nomor Anda. Hal ini berkaitan dengan aturan baru dari pemerintah bidang telekomunikasi dan informatika.
  3. Walaupun sedang mengalami error, masa aktif dan masa tenggang masih berjalan.
  4. Anda tidak bisa mengisi pulsa untuk memperpanjang masa tenggang.
  5. Bawalah tanpa pengenal saat mengunjungi CS Anda, seperti KTP atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
  6. Informasi dari rekan saya, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp.10.000,- (terbilang: sepuluh ribu rupiah).
  7. Jika Anda mengunjungi galeri indosat BEC lantai 3... tolong sampaikan salam saya untuk CS counter nomor 2.. (kalau nanti yang jaganya cowok gak usah). Terimakasih sebelumnya.
Saya mengakui bahwa "lepasnya" nomor yang cukup berharga bagi saya tadi adalah keteledoran saya, jadi kayaknya gak pantes deh kalau saya ngedumel atau sakit hati secara berlebihan, walaupun secara manusiawi rasa nyesel sih pasti ada. Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. 
I Love Indonesia.

No comments: