Wednesday, May 8, 2013

Penanganan Sakit Bayi: Krup (Radang Saluran Udara)



Ini adalah penyakit infeksi virus yang menyerang pita suara, trakea (batang tenggorok), dan bronki (saluran udara utama di bawah tenggorokan). Penyakit ini menyebabkan peradangan dan penyempitan saluran udara sehingga si kecil suaranya serak, batuk mendengking (seperti suara singa laut), serta napas ribut dan kesulitan menghirup udara.


Yang Bisa Anda Lakukan:

  • Kenyakan anak membaik tanpa perawatan khusus. Namun, Anda tetap dapat melakukan yang berikut ini:
  • Buatlah anak setenang mungkin karena hal ini dapat melancarkan pernapasannya.
  • Uap air sangat membantu karena udara lembab lebih mudah dihirup daripada yang kering. Caranya, pangku si kecil dalam kamar mandi yang penuh uap (nyalakan keran air panas).
  • Anda juga bisa menggunakan mesin pelembab udara atau meletakkan handuk basah di dekat pemanas ruangan. Hati-hati saat mendekatkan anak pada ceret berisi air mendidih untuk alasan keselamatan.

Segera ke Dokter Jika:
Anak kesulitan bernapas. Anak-anak umumnya cepat merespon terhadap dosis tunggal steroid, tapi untuk kasus yang parah membutuhkan perawatan rumah sakit. Sesekali, krup dapat menyerupai kondisi yang disebut epiglotitis, yaitu infeksi serius pada jaringan katup tenggorokan.

Sumber:
Laurent, S. and Reader, P. (2007). Your Baby Month by Month. Inggris: A Dorling Kindersley Limited

--- Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membeli buku versi bahasa Indonesia di toko buku terdekat dengan judul Ensiklopedia Perkembangan Bayi dari Erlangga ---

Semoga Bermanfaat.

No comments: