Friday, May 10, 2013

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan




Perlu beberapa minggu bagi si buah hati untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Walaupun begitu, si kecil perlahan akan beradaptasi dan menjadi lebih awas dan komunikatif. Anda juga akan beradaptasi dan mulai terbiasa dengan tugas: mengganti popok si kecil, menyusui, dan memenuhi kebutuhannya.

A. Kelima Indera Si Buah Hati:
Si kecil perlu membiasakan diri dengan dunia luar rahim. Untuk membangun ikatan batin dengan Anda, si kecil dibantu sepenuhnya oleh kelima inderanya:
Penglihatan: pada awalnya, semua bayi yang baru lahir secar alamiah memfokuskan mata pada jarak sekitar 30 cm. Ini adalah jarak yang sempurna untuk melihat wajah Anda saat menyusui atau menimangnya. Mimik wajah menarik perhatian bayi dan ia akan sangat mengamati wajah Anda. Pada akhir bulan pertamanya, si kecil akan mengikuti wajah Anda dengan matanya jika Anda bergerak dalam ruang penglihatannya.

Penciuman: indera ini sangat penting bagi si buah hati. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan pada umur hanya beberapa jam, seorang bayi akan menolehkan kepalanya ke arah bau ASI ibunya di breast pad (bantalan menyusui), dan bukannya ASI ibu yang lain. Jadi bukan saja si kecil dapat mengenali bau Anda, ia juga lebih memilih Anda.

Pengecapan: kemampuan si mungil untuk mengecap rasa berkembang saat ia masih di rahim. Para ahli percaya bahwa bayi yang belum lahir dapat membedakan rasa di cairan amniotik: menelan lebih cepat jika terasa manis dan lebih perlahan jika pahit. Si kecil dapat mendeteksi perubahan kecil rasa ASI yang disebabkan oleh makanan Anda. Oleh karena itu, para peneliti percaya bahwa bayi ASI lebih mudah menerima beragam jenis makanan saat disapih, dibandingkan dengan mereka yang diberi susu formula.

Pendengaran: si kecil sudah dapat mengdengar saat masih di dalam rahim. Suara Anda dan siapapun yang ada dalam hidup Anda sudah akrab di telinganya begitu ia lahir. Sekarang si mungil akan senang mendengar Anda berbicara, bernyanyi, dan membaca untuknya. Perkembangan pendengarannya cukup sempurna, bahkan pada masa awal ini. Walaupun begitu, si kecil tidak akan terlalu memperhatikan bunyi selain suara orang. Namun hati-hati, suara keras dan barang jatuh akan membuatnya kaget dan menangis.

Peraba: indera peraba si kecil membantunya merasa aman dan terlindungi saat Anda menimangnya, jadi ia mendapatkan manfaat dari sentuhan langsung. Penelitian menunjukkan bayi prematur yang terlalu sakit untuk ditimang akan merasa tenang dan nyaman jika dibelai dengan sangat lembut. Ada bayi yang menyukai pijatan lembut, dan ada yang rileks jika dibedong, mungkin karena yang ia rasakan saat dibedong menyerupai sensasi aman dalam rahim.

B. Seperti Apa Si Kecil Sekarang?
Bayi akan kembali ke berat lahirnya saat berumur 10 hari. Berat badannya kemudian akan bertambah secara rutin, jadi ia akan berubah dengan cepat. Jika si kecil lahir dengan banyak rambut, sebagian mungkin akan rontok. Warna rambut barunya bisa sama sekali berbeda dengan sebelumnya. Bengkak dan lebam persalinan akan menghilang, tapi si kecil mungkin masih mengalami ruam susu parah atau milia. Semua anak saya selalu paling berjerawat di fase ini. Si kecil mungkin akan mengalami kerak kepala (cradle cap). Kulitnya juga mungkin terlihat berbecak.

C. Saat Semuanya Terasa Berat
Kadang tangisan si mungil seperti tak kunjung berhenti, terutama jika tidak ada orang lain yang dapat membantu. Semua orang tua pernah mengalami ini. Yang penting adalah mengenali kapan Anda menjadi sangat frustasi pada si kecil sehingga kemudian Anda berlaku kasar kepadanya. Mengguncang bayi dapat melukai otaknya secara serius. Jika Anda sudah hilang kesabaran dan takut akan melukainya, taruh si mungil di tempat aman, seperti tempat tidurnya. Kemudian keluarlah dari ruangan dan ambilah waktu 10 menit untuk minum (air atau teh) dan tenangkanlah diri Anda. Jangan merasa bersalah meninggalkannya selama beberapa menit – si kecil akan baik-baik saja. Hal yang normal jika Anda mengalami hari-hari yang sulit dan terkadang merasa frustasi, tapi jika Anda benar-benar kesulitan menghadapinya, beri tahu seseorang.

D. Langkah Pertama Sang Ayah
Banyak ayah baru yang merasa gugup dengan bayi pertama mereka, tapi Anda tidak perlu merasa seperti itu. Buah hati Anda ini sangat tahan banting. Beberapa ayah merasa bayi yang baru lahir tidak menarik untuk diajak berinteraksi. Harus diakui, si kecil tidak banyak berbuat apa-apa, tapi penampilan dapat menipu. Anda akan takjub betapa cepatnya si kecil mulai berinteraksi dengan Anda. Ini adalah masa-masa yang tidak akan pernah Anda alami lagi, jadi jangan sampai terlewatkan. Masa ini sama serunya dengan saat Anda nanti membelikan si kecil mainan kereta pertamanya. Jika pasangan Anda menyusui, Anda dapat ikut terlibat berinteraksi dengan si kecil. Anda dapat menyemangati pasangan dan menyendawakan si mungil di tengah menyusui dan sesudahnya. Beri pasangan Anda waktu untuk beristirahat juga – saya dulu sangat menikmati membawa putri kami berjalan-jalan menggunakan gendongan setelah disusui.

Cobalah untuk mengambil cuti beberapa hari saat si buah hati berumur beberapa minggu. Para ibu umumnya merasa sedikit terabaikan pada masa ini. Cuti itu dapat menjadi momen bersama yang sangat berharga sebagai sebuah keluarga baru.

E. Hal Penting Lainnya:

  • Perlu beberapa minggu sebelum bayi dapat melihat dengan jarak lebih dari 30 cm. Si kecil mungkin terlihat menyipitkan mata saat mencoba memfokuskan pandangan, tapi hal ini normal.
  • Kulit kering adalah hal yang normal jika kulit si kecil yang baru lahir mengelupas pada minggu-minggu pertamanya. Hal ini akan berhenti dengan sendirinya, jadi tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk melembabkan kulitnya.
  • Anda mungkin khawatir tidak mempunyai cukup ASI untuk menyusui si kembar, tapi hukum persediaan dan permintaan memastikan bahwa semakin banyak Anda menyusui, semakin banyak pula ASI yang akan Anda produksi.
  • Pigmen mata si mungil belum berkembang sempurna, dan warnanya akan berubah perlahan pada minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang.
  • saat berumur sebulan, si mungil akan sangat suka tidur. sayangnya, ia akan memerlukan beberapa waktu sebelum dapat membedakan pagi dan malam.
  • Semakin Anda mengenal si mungil, semakin Anda tahu apa maksud tangisannya.
  • Si mungil akan menggenggam jari Anda secara naluriah, dan baru akan kehilangan refleks ini setelah dua bulan.
  • Anda mungkin merasa si buah hati hanya tidur dan menangis saja di bulan pertamanya, tapi jangan khawatir, tak lama lagi Anda akan menikmati berinteraksi dengannya.


Sumber:
Laurent, S. and Reader, P. (2007). Your Baby Month by Month. Inggris: A Dorling Kindersley Limited

--- Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membeli buku versi bahasa Indonesia di toko buku terdekat dengan judul Ensiklopedia Perkembangan Bayi dari Erlangga ---

Semoga Bermanfaat.
 

No comments: